Monday, October 14, 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN KOPERASI di DUNIA dan di INDONESIA



II. MASALAH
            Sejarah Lahirnya Koperasi di Dunia dimulai pada pertengahan abad ke –18 dan awal abad  ke -19 di Inggris. Sehingga gerakan ini sering disebut dengan "KOPERASI PRAINDUSTRI" yang  perkembangannya dimulai dari  munculnya revolusi industri.
 Pelopor utama oleh Robert Owen  ( 1771-1858 ) dengan menerapkan usaha pemintalan  kapas di Inggris. Kemudian dilanjutkan  pada tahun 1844 di rochdale. Rochdale adalah nama sebuah kota di inggris yang didirikan oleh 28 orang buruh pabrik tekstil yang mendirikan sebuah toko untuk memenuhi kebutuhan  mereka sendiri.  Sehingga Robert Owen disebut Bapak  Koperasi Konsumsi.
            Pada tahun 1848 koperasi berkembang di Jerman yang dipelopori oleh Ferdinan Lasallen dan Frederich Raiffeisen yang menganjurkan untuk  para petani menyatukan diri untuk membentuk organisasi simpan  pinjam dan  mendirikan  koperasi kredit untuk kaum buruh dipedesaan .  Pelopor  lainnya adalah Schulze Delitzch yang mendirikan  bank tabungan dan kredit yang ditujukan khusus untuk  kaum  pengusaha dan kaum menengah.. ketiga pelopor itu disebut Bapak  Koperasi Kredit.
            Pelopor koperasi di Perancis adalah Charles Fourier dan Louis Blanc.  Kedua pelopor tersebut mendirikan perusahaan yang bertujuan  untuk kaum buruh yang tertindas oleh kaum kapitalis kemudian berhimpun  untuk mengumpulkan  modal yang digunakan untuk mendirikan perusahaan dan memproduksi barang. Charles Fourier ( 1772 – 1837 ) menganjurkan berdirinya unit-unit produksi  Falansteires” yang  mengedepankan semangat kebersamaan baik kepemilikan kapital,  mengupayakan  kebutuhan  sendiri dan kepemilikan terhadap alat-alat produksi secara bersama-sama. Sehingga kedua pelopor itu disebut Bapak Koperasi Produksi.
            Salah  seorang  pelopor  koperasi di Swedia adalah Albin Johansen. Salah  satu tindakannya adalah menasionalisasikan perusahaan penyaringan  minyak bumi yang menurut pendapatnya dapat dikelola dengan cara yang tidak kalah efisennya oleh koperasi. Pada tahun 1911 gerakan koperasi di swedia berhasil mengalahkan kekuatan perusahaan besar sehingga pada tahun 1926 koperasi berhasil menghancurkan monopoli penjualan tepung terigu yang dimiliki perusahaan swasta.
            Di indonesia Drs. Moh. Hatta dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia yang menurut usaha berdasarkan atas asas kekeluargaan  dalam pengolahan  koperasi adalah dihilangkannya pemilihan antar buruh dan majikannya. Hal ini dilakukan dengan cara  di ikut sertakan buruh sebagai pemilik perusahaan artinya bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama dengan menghilangkan  corak  individualisme.
            Adapun sejarah lahirnya koperasi di Indonesia yang bermula pada abad  ke-20.  Dimana abad  tersebut  kemiskinan yang  sedang  melanda indonesia yang disebabkan oleh kapitalisme. Membuat banyak orang yang  hidupnya sederhana dan  kemampuan ekonominya  terbatas. Sehingga pada tahun 1895 di Leuwiliang didirikan koperasi pertama kali oleh Raden  Ngabei  Ariawiriatmaja, Patih Purwokerto dan yang lainnya mendirikan bank simpan pinjam  untuk menolong  para pegawai  pribumi untuk melepaskan diri dari cengkraman pelepas uang.
            Koperasi di indonesi dibagi atas 3 masa yaitu masa penjajahan,  masa kemerdekaan  dan masa orde baru  hingga sekarang.
1. Koperasi di Indonesia pada masa penjajahan
            Di masa penjajahan Belanda gerakan koperasi pertama kali lahir dari tokoh R. A. Wiriatmadja pada tahun 1986 yang menolong  para pegawai, pedagang kecil dan petani dari lintah darat  melalui koperasi. Pergerakan  koperasi selama penjajahan belanda tidak berjalan lancar  karena pihak belanda selalu menghalangi kegiatan usaha koperasi di indonesia baik secara langsung maupun tidak  langsung..
2. Koperasi di Indonesia pada masa kemerdekaan
            Setelah bangsa indonesia merdeka, pmerintah dan seluruh rakyat menata kembali kehidupan ekonomi yang sesuai UUD 1945 pasal 33 “ Perekonomian Indonesia harus didasarkan pada asas kekeluargaan”. Sehingga keberadaan koperasi di indonesia mempunyai konstitusi  yang kuat. Di masa kemerdekaan  koperasi menjadi usaha bersama untuk memperbaiki dan meningkatkan taraf  hidup masyarakat. Pada saat itu koperasi berkembang dengan pesat  namun  karena sistem pemerintahan yang berubah-ubah maka terjadi titik kehancuran  menjelang  pemberontakan G30S/PKI . partai-partainya yang memanfaatkan untuk kepentingannya seperti memperkaya diri sendiri sehingga merugikan koperasi dan membuat masyarakat kehilangan  kepercayaannya dan takut menjadi anggota koperasi.

III. ANALISA
                             
                  Perkembangan  koperasi di dunia diawali dengan revolusi industri. Dan di setiap negara seperti Inggris, Jerman, Perancis , Swedia dll mempunyai prinsip –prinsip koperasi yang berbeda-beda. Yang pertama prinsip koperasi di Inggris yaitu  Keanggotaan yang bersifat terbuka,  Pengawasan secara demokratis, Bunga yang terbatas atas modal anggota,   Pengembalian sisa hasil usaha sesuai dengan jasanya pada koperasi dsb. Yang kedua di Jerman  yaitu  Anggota Koperasi wajib menyimpan sejumlah uang, Uang simpanan boleh dikeluarkan sebagai pinjaman dengan membayar bunga, Usaha Koperasi mula-mula dibatasi pada desa setempat agar tercapai kerjasama yang erat,  Pengurusan Koperasi diselenggarakan oleh anggota yang dipilih tanpa mendapatkan upah.
                 
Dalam mendirikan koperasi didunia harus melalui beberapa  rintangan,  pada  akhirnya  mereka dapat   mendirikan Koperasi dengan  pedoman kerja sebagai berikut :
1.       Anggota Koperasi wajib menyimpan sejumlah  uang
2.       Uang simpanan boleh dikeluarkan sebagai pinjaman dengan membayar bunga.
3.       Usaha  Koperasi mula-mula dibatasi pada desa setempat  agar tercapai  kerjasama yang erat.
4.       Pengurusan  Koperasi  diselenggarakan  oleh  anggota  yang  dipilih  tanpa  mendapatkan upah
5.       Keuntungan yang diperoleh digunakan untuk membantu kesejahteraan masyarakat
Dan pada tahun 1896 di london terbentuk lah ICA (international cooperative alliance) dan    pada tahun ini koperasi dianggap sebagai suatu gerakan international.
            Di indonesia pun dimulai pada masa penjajahan belanda , namun banyak  yang belum terlaksana seperti :
1. belum ada instansi pemerintah ataupun badan non pemerintah yang memberikan penerangan dan penyuluhan tentang koperasi.
2.  belum ada undang-undang  yang  mengatur kehidupan koperasi.
3. pemerintah jajahan sendiri masih ragu-ragu menganjurkan koperasi karena pertimbangan politik, khawatir koperasi itu akan digunakan oleh kaum  politik untuk tujuan yang membahayakan pemerintah jajahan itu.
            Ciri utama perkembangan koperasi di Indonesia adalah dengan pola penitipan kepada program  yaitu :
      1)      Program pembangunan secara sektoral seperti koperasi pertanian, koperasi desa, KUD.
2)      Lembaga-lembaga pemerintah dalam koperasi pegawai negeri dan koperasi fungsional lainnya.

IV.  KESIMPULAN
            Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi atau suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan sama, diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan untuk  mensejahterakan anggota.
            Pelopor koperasi di dunia yang dikenal sebagai Bapak Koperasi Konsumsi adalah Robert Owen yang berasal dari Inggris dan Pelopor koperasi di Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia adalah Drs. Moh. Hatta.
                  Tujuan Koperasi adalah  memajukan kesejahteraan anggotanya pada khususnya dan pada masyarakat pada umumnya dan ikut membangun tatanan perekonomian nasional, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sumber         : 
-          Yuliana Sudremi, Pengetahuan Sosial Ekonomi 3. PT: Bumi Aksara-jakarta
http://bertani-bertani.blogspot.com/2013/04/sejarah-dan-perkembangan-koperasi.html

1 comment:

  1. Makasih gan udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete